Cara Mengatasi Batuk Akibat Paru Paru Basah

Cara Mengatasi Batuk Akibat Paru Paru Basah

Sebelumnya kita sudah membahas apa saja gejala yang akan timbul akibat penyakit paru-paru basah. Dan salah satu gejala umum yang dialami oleh penderita paru-paru basah (Pneumonia) adalah gejala seperti batuk dalam jangka waktu lama. Maka dari itu kali ini  Aji Herbal.com  akan berbagi informasi mengenai bagaimana Cara Mengatasi Batuk Akibat Paru Paru Basah beserta obat tradisional yang ampuh mengatasi paru-paru basah.

Cara Mengatasi Batuk Akibat Paru Paru Basah

Batuk bukanlah sebuah penyakit akan tetapi batuk merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh pada saluran sistem pernafasan dan juga merupakan sebuah gejala jika seseorang sedang mengidap suatu penyakit. Perlu anda ketahui bahwa batuk pun menjadi gejala awal dari penyakit paru-paru basah.

Walaupun batuk adalah sebuah reaksi alami dari tubuh untuk mengeluarkan cairan dari paru-paru. Namun tetap saja kamu jangan meremehkan hal seperti itu, karena batuk akibat dari pneumonia sewaktu-waktu bisa membahayakan kesehatan tubuh kamu. Contohnya seperti batuk yang nantinya akan mengeluarkan dahak hijau bahkan darah.

Untuk itu, bagi kamu penderita paru-paru basah (Pneumonia) yang sudah mengalami batuk dalam jangka waktu yang cukup lama segeralah atasi masalah batuk tersebut sebelum terlambat. Dan berikut inilah beberapa cara mengatasi batuk akibat paru-paru basah :

Cara Mengatasi Batuk Akibat Paru Paru Basah

 

1. Mengkonsumsi madu

Madu dapat membantu melapisi dan menenangkan membran lendir pada sistem pernafasan sehingga sangat bermanfaat diminum pada waktu malam hari jika kamu mengalami sulit tidur akibat batuk yang kamu derita.

2. Menggunakan kunyit

Kunyit merupakan tanaman rempah yang bisa dijadikan sebagai obat batuk alami yang efektif untuk mengatasi masalah batuk. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh kunyit ke dalam gelas berisi air atau susu hangat, kamu juga bisa tambahkan madu untuk memperkuat efeknya dalam meredakan batuk.

3. Gunakan air garam

Cobalah berkumur dengan menggunakan garam yang telah di larutkan dengan air, hal itu dapat membantu menghilangkan lendir di tenggorokan sekaligus meredakan iritasi. Selain itu dengan air garam juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengeluarkan dahak.

4. Menggunakan cuka apel

Cuka apel dipercaya  ampuh digunakan untuk mengatasi masalah batuk dengan cepat. Kamu boleh menghangatkan cuka apel terlebih dahulu lalu meminumnya seperti teh dan kamu juga bisa menambahkan sesendok makan madu supaya khasiatnya lebih cepat bekerja untuk mengatasi batuk.

5. Mengkonsumsi peppermint

Peppermint suda digunakan banyak orang untuk membantu meringankan iritasi dan mengeluarkan lendir. Ini karena peppermint mengandung dekongestan, anti-radang, dan pereda rasa sakit di dalamnya.

Caranya adalah kamu cukup cuci dan potong-potong daun peppermint segar, lalu masukkan dalam cangkir atau poci. Tuangkan air panas ke atasnya dan biarkan daun terendam selama sekitar 5 menit.  Setelah itu, baru saring lalu sajikan dengan lemon, madu, atau susu sesuai keinginan anda.

6. Menggunakan daun sirsak

Daun sirsak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kanker, diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi. Kandungan yang terkandung di dalam daun sirsak sangat banyak sekali, daun sirsak juga dapat menyembuhkan masalah pada paru-paru karena di dalam daun sirsak, terdapat kandungan Acetogenis yang berkhasiat untuk menghambat perkembangan virus dan bakteri yang menyerang paru-paru dan juga berkhasiat untuk menghentikan pendarahan saat batuk.

7. Menggunakan daun sambiloto

Salah satu manfaat dari daun sambiloto  adalah dapat mengatasi masalah batuk biasa hingga batuk TBC. Seperti kita ketahui batuk TBC sangat berbahaya karena dapat menularkan bakteri TBC kepada orang lain disekitar kita. Kandungan asam kersid pada sambiloto adalah kandungan yang nantinya akan menyembuhkan batuk dengan cepat.

8. Mengkonsumsi air bunga sepatu

Bunga sepatu juga sangat bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi paru-paru basah/bronkitis. Dan cara mengkonsumsinya pun sangat mudah yaitu sediakan 1-2 kuntum bunga sepatu dan garam secukupnya. Cucilah bunga sepatu terlebih dahulu sampai bersih, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.

Jika sudah halus, masukkan ke dalam segelas air panas dan campurkan dengan garam. Setelah suhu air dingin, Pisahkanlah ampasnya lalu minumlah pada waktu pagi, siang, dan malam hari untuk hasil yang maksimal.

Itulah beberapa cara mengatasi batuk akibat dari paru-paru basah yang bertujuan supaya kondisi batu tidak menjadi parah dan mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Semoga informasi mengenai “Cara Mengatasi Batuk Akibat Paru-Paru Basah” ini bermanfaat dan semoga kamu terhindar dari gejala yang berbahaya akibat paru-paru basah. Untuk cara pengobatan penyakit paru-paru basah, anda bisa kunjungi halaman berikut—> Obat Tradisional Paru-Paru Basah di Apotik

Baca juga :

Obat Tradisional Hepatitis di Apotik

Obat Jerawat Alami di Apotik

Obat Tradisional Kanker Serviks

Obat Tradisional Jantung Bocor di Apotik

Obat Penetral Tekanan Darah Tinggi di Apotik

Cara Mengatasi Batuk Akibat Paru Paru Basah

No Comments

Post A Comment