Gejala Penyakit Paru-Paru Basah

Gejala Penyakit Paru-Paru Basah

Gejala Penyakit Paru-Paru Basah – Tahukah anda? Menurut hasil data penelitian dari World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa setiap tahunnya terdapat lebih dari 1,1 juta anak yang meninggal akibat menderita penyakit paru-paru basah (Pneumonia).

Dan yang lebih dikhawatirkan lagi adalah negara indonesia menduduki peringkat ke-8 dalam kasus kematian anak penderita paru-paru basah. Ini artinya dalam waktu setahun sebanyak 38.000 anak meninggal karena penyakit paru-paru basah. Hiiii sangat mengerikan bukan? Maka dari itu mulai dari sekarang jagalah kesehatan keluarga anda dengan baik. 

Gejala Penyakit Paru-Paru Basah

Kasus penyakit paru-paru basah memang lebih sering ditemukan terhadap anak-anak yang berusia dibawah 2 tahun dan juga orang lansia. Selain mereka ada juga orang yang beresiko tinggi terkena penyakit paru-paru basah, seperti seseorang yang memiliki pola hidup yang tidak sehat, kekebalan tubuh yang rendah, dan pecandu rokok.

Penyakit pneumonia ini biasanya juga disebabkan karena organ paru-paru kita terinfeksi oleh sebuah bakteri atau virus secara tiba-tiba, maka dari itulah banyak sekali orang yang tidak menyadari kehadiaran penyakit ini didalam tubuhnya. Untuk itu kenalilah gejala penyakit paru-paru basah karena bisa saja jika kamu menderita pneumonia pasti kamu akan mengalami gejala tersebut.

Gejala Penyakit Paru-Paru Basah

Berikut adalah beberapa gejala paru-paru basah (Pneumonia) yang harus kita waspadai :

  • Terjadi peradangan pada tenggorokan

Gejala pertama yang sering dialami oleh anak-anak atau orang dewasa adalah terjadi peradangan pada tenggorokan, hal ini terjadi karena terdapat penumpukan lendir pada tenggorokan dan mengakibatkan suara penderitanya menjadi serak.

  • Sakit kepala secara tiba-tiba

Penyakit paru-paru basah dapat membuat penderitanya sering mengalami sakit kepala, hal ini dikarenakan oksigen didalam tubuh kita tidak sepenuhnya terkirim kebagian kepala sehingga pada bagian kepala kekurangan oksigen dan menimbulkan rasa sakit.

  • Sering menangis (Gejala pada bayi)

Jika bayi anda sering menangis tanpa sebab, maka segeralah periksa kepada dokter karena dikhawatirkan bayi anda mengalami sakit pada salah satu bagian tubuhnya yang dikhawatirkan itu adalah gejala bayi tersebut terkena penyakit paru-paru basah.

  • Sering batuk  (Gejala pada bayi)

Selain menangis batuk pada bayi pun bisa dikaitkan dengan penyakit paru-paru basah, karena hal tersebut bisa menjadi tanda-tanda bahwa paru-paru bayi anda mulai terinfeksi oleh bakteri atau virus.

  • Sering merasakan mual dan muntah

Jika kamu sering mengalami mual atau muntah secara tiba-tiba janganlah anggap sepele, segera periksakan kondisi tubuh anda ke dokter karena dikhawatirkan hal itu terjadi karena tanda-tanda paru-paru kamu terinfeksi virus atau bakteri yang nantinya akan menjadi pneumonia.

  • Warna bibir dan kuku menjadi pucat

Karena kedatangan penyakit ini sering tidak disadari oleh penderitanya, maka kamu bisa lihat gejala seperti apakah warna bibir dan kuku kamu menjadi pucat atau tidak. Jika iya, berarti kamu memiliki gangguan pada organ paru-paru.

  • Tidak nafsu makan

Jika akhir-akhir ini kamu sulit sekali untuk mengkonsumsi makanan, maka waspadailah bisa saja itu diakibatkan karena adanya gangguan pada paru-paru kamu. Tidak hanya itu akibat kurangnya nafsu makan, berat badan kamu juga nantinya akan terus mengalami penurunan.

  • Mudah merasa lelah

Dikarenakan nafsu makan kamu menjadi menurun, pastinya hal itu juga dapat membuat badan kamu mudah merasa lelah, Dan dapat mengganggu kegiatan aktivitasmu sehari-hari.

  • Aroma mulut menjadi bau

Hal ini pun dikarenakan kamu yang sulit untuk makan karena dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung pada tubuh kamu dan juga kurangnya oksigen yang membuat kelembapan pada mulut juga ikut berkurang dan akibatnya mulut kamu menjadi bau.

  • Nyeri pada bagian dada

Kejadian seperti nyeri pada dada adalah disebabkan karena kamu tidak segera menanggani penyakit paru-paru basah, sehingga infeksi pada paru-paru terus berkembang dan mengakibatkan pembengkakan dalam jangka waktu lama sehingga dada kamu merasakan sakit. Maka obatilah penyakit anda secepatnya sebelum terlambat.

  • Mengeluarkan dahak berwarna hijau

Penderita pneumonia biasanya sering mengalami batuk dalam jangka waktu yang cukup lama, dan dalam batuk tersebut juga sering disertai keluarnya dahak yang berwana hijau dan bertekstur seperti karet.

  • Mengalami batuk darah

Selain mengeluarkan dahak berwarna hijau, hal yang harus diwaspadai adalah jika batuk anda disertai dengan keluarnya darah. Hal ini menandakan penyakit paru-paru anda dalam kondisi sudah parah dan harus segera mendapatkan penangganan medis khusus. Batuk darah sendiri terjadi karena gelembung akibat virus dan bakteri pada paru-paru telah pecah, sehingga mengeluarkan darah saat batuk.

  • Kesulitan dalam bernafas

Sesak nafas akibat dari pneumonia sangatlah berbeda dengan  yang diakibatkan karena penyakit asma, karena sesak nafas penderita asma dapat cepat diatasi dan hilang dengan sendirinya. Berbeda dengan sesak nafas pneumonia,  jangka waktu sesak nafas ini akan lebih lama dan berkelanjutan. Hal ini karena terdapat virus dan bakteri yang akan terus mengganggu sistem pernafasan penderitanya.

  • Badan sering bergemetar

Biasaya masalah gemetar dalam tubuh dikaitkan karena terjadi gangguan pada syaraf, namun kenyataanya gemetar juga dapat dikategorikan sebagai gejala dari penyakit paru-paru. Gemetar yang dirasakan pun tidaklah sebentar, namun bisa menjadi berkepanjangan. Dan hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan tubuh penderita penyakit paru-paru kotor atau basah menjadi mudah bergemetar.

  • Mudah ngantuk

Sudah saya jelaskan diatas, bahwa tubuh seseorang penderita pneumonia akan kekurangan oksigen dan karena otak mereka kekurangan oksigen maka akan sangat mudah sekali ngantuk.

  • Gerakan detak jantung cepat

Paru-paru dan jantung merupakan organ yang saling berkaitan erat dan sangat penting bagi tubuh. Maka jika pada organ paru-paru terdapat masalah, otomatis jantung juga akan mengalami hal yang sama. Karena masalah seperti ini bisa menjadi berkepanjangan dan mengancam kesehatan tubuh kamu, jadi segeralah periksakan kondisi tersebut kepada dokter.

  • Frekuensi nafas pendek

Gejela seperti ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga dapat terjadi pada anak-anak. Gejala ini biasanya ditandai dengan gerakan napas yang pendek dan juga saat menarik nafas panjang menyebabkan rasa mual dan ingin muntah.

  • Sering megalami nyeri pada persendian

Hal seperti ini terjadi karena penyebaran oksigen pada tubuh kita tidak sempurna. Dan kurangnya oksigen tersebulah yang menyebabkan munculnya nyeri pada bagian persendian.

  • Sering berkeringat dingin

Keringat dingin ini biasanya muncul pada bagian telapak tangan dan kaki. Gejala seperti ini adalah yang paling umum dialami oleh para penderita pneumonia. Keringat dingin ini sendiri bukan karena efek dari cuaca panas namun karena adanya ketidaklancaran oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

  • Sering mengalami demam

Penderita paru-paru basah akan sering terserang penyakit demam sebagai bentuk protes dari tubuh karena ada kelainan pada organ paru-parunya. Suhu demam yang muncul biasanya tidak terlalu tinggi tapi sangat menganggu aktivitas para penderitanya.

  • Selalu merasa gelisah

Penderita paru-paru basah juga biasanya akan sering mengalami rasa kecemasan dan gelisah. Hal ini bisa ditandai dengan kondisi tidur yang tidak nyenyak dan jika hal ini dialami oleh anak-anak atau bayi, mereka akan terus-menerus menangis dengan napas yang tersengal-sengal.

  • Sering Kebingunan

Gejala berikutnya yang sering dialami oleh para penderita pneumonia adalah sering merasa kebingungan entah harus berbuat apa dan hal seperti ini terkadang membuat orang di sekitarnya menjadi cemas dan kebingungan juga. Jika anda melihat teman atau kerabat mengalami hal ini sebaiknya ajaklah untuk periksa ke dokter.

Itulah beberapa gejala akibat dari penyakit paru-paru basah (Pneumonia), dan bagi kamu yang menderita penyakit tersebut lebih baik lakukanlah tindakan pengobatan secepatnya sebelum gejala pneumonia mengancam kesehatan kamu.

Semoga informasi mengenai “Gejala Penyakit Paru-Paru Basah” ini bermanfaat dan semoga kamu terhindar dari gejala yang berbahaya akibat pneumonia. Untuk cara pengobatan penyakit paru-paru basah, kunjungi halaman berikut—> Obat Tradisional Paru-Paru Basah di Apotik

Baca juga :

Obat Tradisional Hepatitis di Apotik

Obat Jerawat Alami di Apotik

Obat Tradisional Kanker Serviks

Obat Tradisional Jantung Bocor di Apotik

Obat Penetral Tekanan Darah Tinggi di Apotik

 

Gejala Penyakit Paru-Paru Basah

No Comments

Post A Comment