Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal

Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal

Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal – Penyakit batu ginjal ini dapat terbentuk akibat adanya pengendapan garam, mineral, atau beberapa zat sisa di dalam organ ginjal. Banyak penyebab yang membuat hal ini terjadi, hal tersebut tergantung dari jenis batu itu sendiri. Meskipun batu ginjal ini dapat mengakibatkan nyeri, tetapi batu ginjal ini ternyata masih bisa diobati. Salah satu caranya adalah dengan beberapa obat alami.

Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ini bisa terjadi di mana saja di saluran kemih, termasuk ureter, uretra, kandung kemih, dan bahkan pada organ ginjal itu sendiri. Penyakit batu ginjal ini dapat terbuat dari kristal sehingga teksturnya padat dan dikenal sebagai penyakit yang paling menyakitkan.

Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal

Batu ginjal yang mempunyai ukuran kecil, kebanyakan bisa dibuang lewat urine dan gejalanya pun masih dapat diobati di rumah. Sementara batu yang lebih besar, perlu diobati dengan obat-obatan atau prosedur medis tertentu, seperti penghancuran batu ginjal dengan gelombang suara berkekuatan tinggi ( ESWL ), atau operasi.

Tidak hanya pengobatan medis saja yang dapat mengatasi batu ginjal ini, terdapat pula pengobatan alternatif atau herbal yang diduga dapat meluruhkan dan mengobati batu ginjal ini. Berikut ini adalah beberapa Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal, diantaranya :

1. Air Lemon

Salah satu obat alami untuk penderita batu ginjal yang pertama adalah, air lemon. Buah lemon diketahui memiliki kandungan sitrat yang merupakan bahan kimia yang dapat mencegah pembentukan batu kalsium.

Selain itu, kandungan sitrat juga diketahui mampu membantu memecah batu-batu kecil sehingga mencegah juga terjadinya penyumbatan yang bisa terjadi di ureter.

2. Air Putih

Meminum air putih merupakan salah satu cara alami yang bisa diandalkan oleh anda di rumah. Bahkan meminum air putih diketahui sangat penting agar dapat mencegah penyakit batu ginjal kembali terbentuk.

Supaya mendapatkan khasiat dan manfaatnya, anda dianjurkan untuk meminum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Dengan demikian, anda telah membantu meringankan kinerja dari organ ginjal. Tetapi, menurut sebagian ahli menyatakan bahwa meminum air putih sebanyak 12 gelas per hari dapat membantu memperlambat tumpukan mineral pada organ ginjal.

Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya selalu perhatikan warna urine anda. Jika urine memiliki warna kuning pekat, hal tersebut merupakan tanda bahwa tubuh anda mengalami dehidrasi dan dapat membuat tumpukan mineral semakin besar.

3. Buah Delima

Buah yang satu ini dikenal kaya akan antioksidan dan juga polifenol yang mempunyai efek baik untuk melindungi organ ginjal. Buah ini membantu dengan cara membuang garam dan mineral yang berlebih melalui urine, dan mencegah adanya pengendapan kalsium, asam urat, dan urea di dalam organ ginjal.

Selain itu, zat aktif di dalam buah delima ini juga diduga bisa membantu mengurangi nyeri akibat batu ginjal di dalam saluran kemih. Akan tetapi, efektivitas buah delima secara klinis sebagai pengobatan batu ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Mentimun

Menurut hasil peleitian yang dilakukan terhadap ekstrak mentimun atau Cucumis sativus pada hewan dinyatakan bahwa, jika tanaman tersebut mampu mempercepat proses pelarutan batu.

Selain itu, tanaman ini juga didgua dapat menghambat dan juga mencegah proses pembentukan batu ginjal. Tetapi, masih belum ada penelitian yang dilakukan pada manusia untuk memastikan temuan tersebut.

5. Meniran Hijau

Eksperimen yang dilakukan oleh para ahli menunjukan bahwa tanaman meniran hijau ( Phyllanthus niruri ) diguga dapat menghambat pembentukan batu pada banyak tahapannya, termasuk tahapan agregasi kristal ( penyatuan molekul-molekul kristal ), pengendapan kristal di saluran tubular ginjal, serta pembentukan struktur dan komposisi kristal.

Senyawa yang ada di dalam tanaman ini juga didugan dapat mencegah pembentukan batu endapan, menghambat pertumbuhan endapan kalsium, dan juga menjaga agar kristal-kristal tetapi terurai di urine.

6. Tanjung

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus di India yang dirangsang untuk membentu batu pada organ ginjal, ekstrak tanaman Mimusops elengi atau tanjug ini dapat menurunkan pembentukan batu ginjal secara signifikan, dengan menurunkan kadar asam urat, ureum di dalam darah, dan juga kreatinin.

Akan tetapi, menurut sbeuah penelitian lanjutan dinyatakan bahwa masih diperlukan guna untuk membuktikan potensi tanaman tanjung sebagai obat herbal batu ginjal pada manusia.

7. Kumis Kucing

Di negara Malaysia, tanaman kumis kucing ini banyak digunakan untuk mengobati masalah asam urat, diabetes, dan juga ginjal. Selain itu, menurut sebuah penelitian juga menunjukan bahwa daun kumis kucing mempunyai sifat antibakteri, antiradang, dan juga antioksidan.

Tanaman yang mempunyai nama lain Orthosiphon stamineus ini ternyata dapat merangsang organ ginjal untuk mengeluarkan urine, sehingga mencegah terjadinya pengendapan mineral dan juga garam di dalam organ ginjal.

8. Trachyspermum ( Ajwain )

Ajwain atau Trachyspermum ammi ini biasanya digunakan untuk menghilangkan nyeri akibat batu ginjal dan batu pada saluran kemih. Sampai saat ini di dalam banyak literatur, sifat diuretik pada tanaman ini digunakan di dalam berbagai formulasi obat untuk menangani batu ginjal. Tetapi, hal ini masih harus dibuktikan lagi dengan adanya uji klinis jangka panjang.

9. Rumput Gandum

Rumput gandumi ini memiliki sifat diureitk, sehingga penyakit batu ginjal akan lebih mengalir bersama urine. Selian itu, obat alami batu ginjal ini juga mengandung nutrisi yang dapat membersihkan organ ginjal.

10. Saxifraga Ligulata

Saxifraga ligulata ini diketahui dapat membantu melarutkan penyakit batu ginjal dan juga berfungsi sebagai antiseptik di dalam saluran kemih. Di dalam takaran yang kecil, ekstrak tanaman ini diduga mempunyai efek diuretik ringan ( meningkatkan produksi urine ). Akan tetapi, masih diperlukan berbagai penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaatnya.

11. Jus Seledri

Salah satu khasiat dari jus seledri yang banyak dikenal orang adalah dapat membersihkan racun, termasuk membersihkan tumpukan mineral yang sudah mengkristal pada organ ginjal. Jus seledri ini ternyata sudah lama digunakan untuk dijadikan sebagai pengobatan tradisional dan sudah tidak asing lagi.

Tanaman seledri nya sendiri mengandung antioksidan dan juga senyawa yang dikenal dapat meningkatkan produksi urine sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan terbentuknya batu-batu pada ginjal baru.

12. Cuka Apel

Kandungan buah apel memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya buah nya saja, sari cuka apel ini memiliki kandungan asam asetik yang dipercaya dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Tidak hanya itu, cuka apel ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal.

Supaya mendapatkan manfaatnya, anda dapat menambahkan 2 sendok makan sari cuka apel dalam 250 ml atau satu gelas. Tidak hanya diminum saja, anda juga dapat mencampurnya di dalam salah dengan mencampurnya bersama saus salad anda.

( Baca Juga : QnC Jelly Gamat )

Itulah informasi kesehatan tentang Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal yang harus anda ketahui. Apakah anda ingin sembuh dari penyakit batu ginjal dengan cepat, alami, aman, murah, dan efektif tanpa memerlukan tindakan operasi ? Segera konsumsi obat herbal Qnc Jelly Gamat sekarang juga secara rutin dan teratur.

Anda Penasaran Dengan Obat Herbal Tersebut ? Ingin Memesan, Membeli, atau Mengobati Penyakit Anda Sekarang Juga ? Untuk Informasi Lebih Lanjutnya, Silahkan Klik Disini –> Obat Tradisional Penghancur Batu Ginjal Di Apotik

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal. Semoga dengan hadirnya informasi kesehatan ini dapat membantu menjembatani proses penyembuhan penyakit yang sedang anda derita aamiin. ~SEMOGA LEKAS SEMBUH~

Baca Juga :

Obat Penurun Asam Urat Di Apotik

Obat Tradisional Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah di Apotik

Obat Tradisional Kista Ovarium Di Apotik

Obat Penurun Gula Darah Di Apotik

Obat Tradisional Stroke Di Apotik

Posted by : Aji Herbal

Obat Alami Untuk Penderita Batu Ginjal

No Comments

Post A Comment