Operasi Hidrosefalus Pada Bayi

Operasi Hidrosefalus Pada Bayi

Selamat datang kembali di website kami ajiherbal.com tempat berbagai informasi kesehatan ter-update, situs resmi untuk obat herbal dengan secara online yang sangat terpercaya. Sebelumnya kami pernah membahas tentang Obat Tradisional Hydrocephalus di Apotik. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan berbagai informasi seputar Operasi Hidrosefalus Pada Bayi simak informasinya berikut ini.


Inilah Operasi Hidrosefalus Pada Bayi

Operasi Hidrosefalus Pada Bayi

Operasi Hidrosefalus Pada BayiPenyakit hidrosefalus merupakan salah satu bentuk kelainan yang kongenital paa bayi sejak dilahirkan. Karena kondisi ini ditandai dengan adanya akumulasi cairan dalam ventrikel sehingga kepala penderita hidrosefalus akan tampak menjadi membesar. Kondisi penyakit hidrosefalus pada bayi yang tidak segera ditangani dengan cepat maka dapat emmciu beragam resiko, diantaranya yaitu gangguan pada penglihatan, penurunan kecerdasan, gangguan sensorik, gangguan pada koordinasi dan keseimbangan, keterbelakang mental hingga kematian.

Operasi Hidrosefalus Pada Bayi

Terdapat dua macam metode operasi penyakit hidrosefalus yang paling sering digunakan yaitu : 

  • Operasi Pemasangan Shunt (Ventriculoperitoneal Shunt – VP Shunt)

Metode yang paling umum untuk mengatasi pasien hidrosefalus yakni operasi dengan pemasangan shunt atau dikenal juga dengan Ventriculoperitoneal shunt (VP shunt). Tujuan dari melakukan operasi ini yaitu untuk mengurangi volume cairan di otak, namun tidak dapat menyembuhkan kerusakan yang terjadi. VP shunt atau dikenal dengan shunting merupakan metode pemasangan selang khusus yang akan menghubungkan bagian otak (ventrikel lateral) dengan rongga perut (peritonel). Selain itu, juga akan dipasang pompa di kulit belakang kepala. Sehingga nantinya kelebihan cairan serebrospinal dalam otak dapat dipompa dan dapat diserap secara mudah oleh pembuluh darah dan akan dialirkan ke bagian perut.

  • Operasi ETV (Endocopic Third Ventriculostomy)

Operasi  ETV (Endocopic Third Ventriculostomy) memang belum terlalu umum di kalangan masyarakat, karena metode ini pertama kali dilakukan di Indonesia pada tahun 2005. Berbeda dengan metode pemasangan ETV sama sekali tidak akan melibatkan alat apapun. Jadi ETV ini khusus dilakukan untuk pasien yang mengidap penyakit hidrosefalus tipe obstruktif. Yakni penyakit hidrosefalus yang disebabkan adanya penyumbatan pada ventrikel otak, sehingga dapat menyebabkan aliran cairan selebrospinal akan terganggu dan akan mengalami ketidakseimbangan. Lama-kelamaan cairan akan menumpuk dan memicu terjadinya penyakit hidrosefalus.

Risiko Operasi Hidrosefalus

  1. Risiko Operasi Pemasangan Shunt (Ventriculoperitoneal Shunt)

Terdapat beberapa risiko yang mungkin akan dialami oleh pasien operasi VP shunt, diantaranya yaitu:

  • Penyumbatan pada alat shunt
  • Perubahan tekanan darah
  • Ganggaun pernafasan
  • Komplikasi abdomen
  • Bayi kejang
  • Kenaikan denyut jantung
  • Kerusakan jaringan pada otak
  • Infeksi terhadap benda asing 
  • Kerusakan jaringan pada otak
  • Inflamasi pada otak
  • Penggumpalan darah
  • Pendarahan pada otak,

(Baca juga : QnC Jelly Gamat)

  1. Risiko Operasi ETV (Endocopic Third Ventriculostomy)

Jika dikaji dari sisi medis, risiko yang ditimbulkan oleh operasi ETV (Endocopic Third Ventriculostomy) lebih kecil dibandingkan operasi Pemasangan Shunt (Ventriculoperitoneal Shunt).  Namun untuk kondisi tertentu, pasien bisa saja mengalami komplikasi berupa:

  • Lubang di ventrikel menutup kembali
  • Kerusakan pada pembuluh atau selaput di otak
  • Penyerapan cairan selebrospinal mengalami gangguan kembali akibat lubang yang tak berfungsi atau mungkin menyempit
  • Infeksi pada otak
  • Pendarahan dalam otak

Biaya Operasi Hidrosefalus

Untuk operasi pemasangan shunt (Ventriculoperitoneal Shunt) biasanya berkisar Rp.10.000.000-Rp.30.000.000. Sedangkan operasi ETV (Endocopic Third Ventriculostomy) biasanya lebih murah, berkisar Rp.15.000.000 namun juga bisa lebih atau kurang. Akan lebih baik jika Anda mendaftar BPJS untuk memperoleh biaya yang lebih ringan.

Itulah tadi informasi mengenai  operasi penyakit Hidrosefalus yang harus Anda ketahui semoga informasi yang saya sudah sampaikan bisa berguna untuk Anda, untuk mengobatinya sendiri kami menyarankan untuk konsumsi QnC Jelly Gamat dengan secara rutin dan teratur untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit hydrocephalus dengan secara alami efektif dan tanpa menimbulkan efek samping. Anda tidak usah khawatir mengkonsumsi herbal ini karena herbal satu ini sudah teruji klinis aman dikonsumsi sudah terdaftar di BADAN-POM bernomor registrasi TR 173301471 dan sudah bersertifikat HALAL dari MUI. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik -> Obat Tradisional Hydrocephalus di Apotik

Baca juga : 

Obat Tradisional Radang Tenggorokan di Apotik

Obat Tradisional ISPA

Obat Penetral Tekanan Darah Tinggi

Obat Penghilang Bekas Jerawat atau Bopeng di Apotik

Obat Tradisional Nyeri Haid di Apotik

Posted by : Aji Herbal

Operasi Hidrosefalus Pada Bayi

No Comments

Post A Comment