Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru Basah

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru Basah

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru Basah – Seseorang yang menderita penyakit paru-paru basah wajib mengetahui tentang apa saja pantangan bagi penyakit tersebut. Soalnya hal ini sangat berpengaruh terhadap bagaimana cara bertahan hidup dalam kondisi sedang terserang penyakit paru-paru basah supaya penyakit ini tidak menjadi semakin parah nantinya. 

Dan pada kali ini Aji Herbal.com akan mengajak anda untuk mengetahui apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit paru-paru basah yang dikhawatirkan akan membuat kondisi penyakit itu semakin parah.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru Basah

Penyakit paru-paru basah adalah penyakit yang berkaitan dengan sistem pernafasan, penyakit ini disebabkan karena terjadinya infeksi virus dan bakteri pada paru-paru sehingga mengganggu kinerja sistem pernafasan. Penyakit ini sebenarnya memiliki beberapa tahap, mulai dari tahap ringan hingga tahap yang berbahaya bagi tubuh.

Tahap ringan biasanya ditandai dengan batuk berdahak, demam, badan menggigil dan mudah lemas. Namun kamu harus waspada juga dengan tahap yang berbahaya seperti sulit bernafas, nyeri pada bagian dada sampai batuk berdarah.

Tahap penyakit ini sendiri dapat berubah menjadi berbahaya jika si penderita tidak menjaga kesehatannya atau bahkan dia memiliki pola hidup yang tidak sehat. Dan penyebab yang biasanya membuat kondisi penyakit paru-paru basah menjadi parah adalah akibat mengkonsumsi makanan sembarangan.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru Basah

Berikut ini adalah daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit paru-paru basah :

  • Garam

Hindarilah pemakaian garam pada makanan yang kamu konsumsi, karena menurut kesehatan juga tidak baik dalam masa pemulihan bagi penderita paru-paru basah. Alasannya, garam memiliki suatu kandungan yang dapat menyebabkan pembuluh darah dan penyebaran oksigen ke paru-paru menjadi lebih lambat.  Jadi sudah biasa jika seseorang mengkonsumsi garam terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan sering sesak nafas pada malam hari.

  • Terasi

Terasi biasanya dipakai sebagai bahan dasar pembuatan sambal oleh masyarakat. Dan katanya kandungan di dalam terasi ini diketahui cukup berbahaya bagi penderita penyakit paru-paru basah karena akan menyebabkan iritasi pada pernafasan menjadi lebih parah.

  • Telur

Telur adalah makanan yang sering dikonsumsi pada saat-saat seseorang malas untuk memasak, namun banyak diketahui bahwa telur dapat memicu alergi selama masa penyembuhan paru-paru basah. Maka untuk pencegahan lebih baik hindarilah bahan makanan yang mungkin menjadi penyebab penyembuhan anda menjadi lebih sulit dilakukan.

  • Gula

Bahan makanan yang memiliki rasa manis ini selain dapat menyebabkan kolesterol, gula juga dapat memperburuk kondisi penyakit paru-paru basah bahkan akan menambah jumlah lendir pada sistem pernafasan. Maka dari itu batasilah mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.

  • Ikan asin

Ikan asin merupakan makanan pendamping yang banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Namun sungguh disayangkan, penderita paru-paru basah tidak boleh makan ikan asin . Hal ini karena terdapat kandungan dalam ikan asin yang nantinya dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru basah yang akan memperburuk kondisi penyakit.

  • Kafein

Untuk yang satu ini pastinya akan sedikit sulit dijauhi oleh kamu, karena siapa sih yang tidak suka dengan makanan atau minuman yang mengandung kafein. Contohnya seperti kopi dan teh, kedua minuman tersebut sangat banyak digemari oleh masyarakat. Namun demi kesehatan tubuh kamu, tahanlah atau kurangilah untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Jika kamu benar-benar ingin sembuh dari penyakit paru-paru basah, untuk sementara cobalah hindari konsumsi kafein ini, karena kafein juga dapat memicu sesak nafas akibat batuk.

  • Susu sapi

Pantangan ini hanya berlaku bagi penderita paru-paru basah yang memiliki alergi terhadap susu sapi, dan akan lebih baik jangan pernah mengonsumsinya selama masa penyembuhan.

  • Sereal

Sereal sering kita gunakan sebagai bahan sarapan, namun bagi penderita paru-paru basah untuk sementara kamu lebih baik jangan dulu mengkonsumsi sereal hingga kondisi kamu benar-benar pulih dan sudah sembuh dari penyakit paru-paru basah.

  • Minuman bersoda

Minuman bersoda ini biasanya terbuat dari beberapa bahan dan mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlebih bagi pendeita paru-paru basah sewaktu-waktu akan memicu munculnya berbagai penyakit lainnya dan mempersulit masa penyembuhan.

  • Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan yang mengandung kaya akan nutrisi dan vitamin  bagi tubuh. Tidak mengherankan gandum ini masuk ke dalam makanan yang dianjurkan oleh dokter untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, bagi penderita paru-paru basah gandum ini wajib dihindari sebab makanan ini malah akan menyebabkan alergi. Alergi bagi seorang penderita paru-paru basah tidak baik karena akan menyebabkan sistem pernafasan terganggu.

  • Daging kambing

Makanan berupa daging memanglah sangat lezat dan tidak heran banyak sekali masyarakat yang hobby memakan daging, namun bagi penderita paru-paru basah sebaiknya hindarilah mengkonsumsi daging terutama daging kambing. Ini disebabkan karena daging kambing dapat menimbulkan gejala radang paru-paru. Bagi penderita paru-paru basah kondisi ini sangatlah tidak baik karena akan mengahambat proses penyembuhan kamu.

  • Minuman alkohol

Mendengar namanya saja kita pasti sudah tahu bahwa minuman ini sangatlah tidak baik untuk tubuh, terlebih minuman yang mengandung alkohol hanya dapat mengundang berbagai jenis penyakit menyerang tubuh kamu. Dikonsumsi oleh seseorang yang sehat saja tidak baik, apalagi dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki sebuah penyakit. Maka dari itu jauhilah minuman beralkohol sebelum kondisi penyakitmu semakin fatal.

  • Mengkonsumsi acar

Jika kamu adalah seorang penggemar acar, mengkonsumsi acar sebetulnya tidak apa-apa, tapi jangan terlalu berlebihan dan perlu pembatasan secara ketat saat mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan acar mengandung nustrisi yang berlebih dan hal itu tidak baik untuk penderita paru-paru basah.

Itulah beberapa pantangan makanan untuk penderita penyakit paru-paru basah, dan saya sarankan jangan pernah mencoba makanan diatas jika kamu benar-benar ingin sembuh dari penyakit tersebut. Sekian untuk informasi kali ini, semoga bermanfaat dan semoga kamu cepat sembuh ya—> Obat Tradisional Paru-Paru Basah di Apotik

Baca juga informasi menarik lainnya :

Obat Tradisional Hepatitis di Apotik

Obat Jerawat Alami di Apotik

Obat Tradisional Kanker Serviks

Obat Tradisional Jantung Bocor di Apotik

Obat Penetral Tekanan Darah Tinggi di Apotik

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru Basah

1Comment

Post A Comment