Tips Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung

Tips Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung

Berikut Ini Beberapa Tips Untuk Penderita Asam Lambung Yang Ingin Berpuasa!

Tips Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung
Tips Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung – Untuk orang yang sehat, menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh mungkin tidak menjadi masalah. Tapi, bagi yang mempunyai penyakit asam lambung (GERD), mungkin akan merasa waswas jika ingin berpuasa. Karena bisa saja penyakit lambung bertambah semakin parah. Tapi jika Anda menanti aturan-aturan makanan yang sehat, berpuasa aman untuk penderita asam lambung.

Sakit maag atau dispepsia merupakan istilah, yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah gejala tidak nyaman pada perut. Seperti : lambung perih, perut begah, kembung, hingga sensasi terbakar di ulu hati. Beragam hal bisa memicu kambuhnya maag, dari mulai pola makan tidak teratur, konsumsi makanan yang mengandung gas, stres hingga emosi.

Inilah Beberapa Tips Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung

Untuk Anda penderita sakit maag yang ingin menjalankan ibadah puasa, lakukan beberapa tips berikut ini saat berpuasa :

1. Makan Secukupnya Saat Sahur dan Berbuka

Konsumsi makanan terlalu banyak dalam satu waktu bisa membuat lambung bekerja lebih keras, hal tersebut akan memicu munculnya keluhan perut begah serta terasa penuh. Untuk itu saat sahur dan berbuka, makanlah dengan perlahan serta secukupnya. Saat berbuka, awali dengan konsumsi makanan ringan terlebih dahulu. Setelah itu baru melanjutkan dengan makanan besar, dan jika Anda masih lapar setelah berbuka. Setelah tarawih, konsumsi camilan ringan yang sehat seperti : pisang, biskuit atau granola.

2. Jangan Makan Secara Terburu-Buru

Ingat jangan terlalu terburu-buru saat makan, tidak hanya itu hindari ngobrol saat makan. Kebiasaan makan terlalu cepat, apalagi dibarengi ngobrol, bisa membuat banyak udara masuk ke dalam saluran cerna dan memicu sakit maag. Untuk itu usahakan bangun lebih pagi agar bisa makan sahur dengan tenang dan perlahan.

3. Pilih Menu Yang Tepat

Bagi Anda para penderita maag, penting bagi Anda memilih menu makanan. Saat berbuka dan sahur, pilih makanan yang cocok yang bagi penderita maag. Seperti nasi atau oatmeal. Jenis karbohidrat yang terkandung dalam makanan ini bisa mengurangi risiko munculnya keluhan maag, karena bisa menyerap asam lambung berlebih.

Hindari buah yang masam, sebaiknya konsumsi buah : Apel, pisang dan pir. Dan pilih daging rendah lemak, seperti : dada ayam, serta ikan. Tidak hanya itu disarankan untuk memasak makanan dengan cara dipanggang, dikukus atau direbus. Agar kadar minyak tidak terlalu tinggi.

4. Hindari Makanan Pemicu Sakit Maag

Sebisa mungkin untuk hindari konsumsi makanan yang berpotensi memicu sakit maag, baik saat sahur atau berbuka. Seperti : makanan yang terlalu berminyak, makanan siap saji, baik pizza dan sosis, acar dan makanan yang terlalu asam. Tidak hanya itu pilih minuman yang tidak mengandung kafein serta soda.

5. Kendalikan Emosi

Saat berpuasa, sebisa mungkin kendalikan emosi serta kelola stres. Ini bisa membantu menurunkan risiko munculnya keluhan sakit maag. Istirahat sejenak jika Anda lelah, latihan pernapasan, atau yoga saat Anda merasa stres.

Setelah makan sahur, hindari kembali tidur. Ini karena langsung tidur setela makan bisa memicu sakit maag.

Posted by : Aji Herbal

Tips Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*